Minggu, 15 Januari 2012

Mahasiswa juga bisa KAYA!

Masih keinget jelaas sejelas-jelasnya kalimat itu. Waktu itu aku semester V, dapet kuliah Bhs. Indonesia. Yak! Mahasiswa teknik Sipil semester V masih dpt pelajaran Bhs. Indonesia sodara-sodara...nyebelin tapi nyata. Untungnya materinya bukan lagi disuruh nyari sinonim, homonim, feminim, dst. Kuliahnya lebih ke cara bikin karya tulis yg baik dan benar.

Nah, di sinilah kalimat itu keluar. Karna banyaknya temen2 (termasuk aku) yg ngeremehin kuliah ini, Bu Dosen bilang "Mahasiswa juga bisa KAYA! Dan kuliah ini salah satu yg kalian butuhkan untuk jadi KAYA!" Langsung kita diem. Bu Dosen senyum penuh kemenangan. Terus Bu Dosen cerita ada seorang mahasiswanya yg kuliah dari semseter 1 sampe lulus ga pernah bayar. Gara-garanya si mahasiswa ini rajin ikut lomba karya tulis yg hadiahnya cukup buat bayar kuliah 3 semester. Dan hampir tiap ada lomba dia ikut dan MENANG. Gile ngga sih? Jadi itung sendiri ya hadiahnya dan sisanya kira2 berapa. Yg jelas dia ga pernah keluar sepeser pun buat bayar SPP, kecuali buat buku2 gitu. Uda gitu belum lagi bonus yg dikasih sm universitas karna dia langganan juara. Bisa makan KFC tiap hari :D

Naah, itu kalo spesialisnya di karya tulis ya. As we know, karya tulis adalah sesuatu yg ilmiah, pake metode ilmiah, dipikirkan secara ilmiah. Dan ilmiah adalah pusing. Setuju?
Buat orang2 seperti aku yg ngga punya keahlian di bidang2 ilmiah kayak gitu, jgn bersedih hati. Kita ngga perlu minder dan mojok sama kecoa cuma gara2 otak kita ngga available buat mikirin sebuah karya tulis ilmiah. Jadi kita harus gimana? 

1. Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi kaya, pikirkan dan berjanjilah bahwa kekayaan yg akan kamu dapat ngga akan kamu pake buat hal-hal negatif. Narkoba, mabok, free sex. Buang jauh2 itu semua. Kayamu nanti cepet habis, ngga barokah, dan DOSA! Lebih baik kamu pake buat kuliah atau membantu biaya sekolah adik2mu. Ortu bangga, senang, dan semakin mendoakan kamu untuk sukses. Dan...terjadilah! Kamu akan makin sukses karena doa ortu. Percayalah! :)

2. Kalo niat udah ada dan tekad udah kuat, coba cari apa sih kemampuan yg kamu punya? Kamu pinter desain, nyanyi, nari, nulis, ngeband, atau apa? Pasti ada. Kalo kamu ngga bisa nemuin bakatmu, coba tanya orang2 terdekat.

3. Kita awali dgn ikut2 lomba. Rajin-rajin googling atau buka situs2 pengumuman lomba seperti Ajang Kompetisi atau Info Lomba ini. Di situ banyak banget lomba-lomba yg bisa kamu pilih sesuai dgn minat dan bakat kamu. Cari lomba yg biaya pendaftarannya gratis dulu, trus berlanjut ke yang berbayar (kalo ada uang lebih). Dan semua lomba yg kamu ikutin harus dgn sungguh2 ya. Tapi jangan kecewa kalo belum menang. Kita harus sadar juga kalo dunia ini luas, banyak yg punya kemampuan lebih di atas kita. Dan harusnya kekalahan ini jadi motivasi agar kita lebih baik lagi. Setuju? :)

4. Selanjutnya, misalnya kamu ngga punya bakat fisik yg bisa menghasilkan sesuatu. Coba kamu ngelamar kerja part-time. Jadi bawahan? Ya ngga masalah. Kamu mau sukses kan? Ya musti mau susah dulu dong. Misal kamu ngelamar jadi karyawan sebuat tempat laundry. Kamu pelajari tuh gimana cara ngadepin pelanggan, gimana pembukuan laundry, perhitungan untung-ruginya gitu, trus modal berapa. Nah, mahasiswa yg tampang sukses ngga akan mau jadi pegawai terus. Kalo kamu emang punya mental bisnis, kamu akan segera berpikir tentang menjadi OWNER dari sebuah tempat laundry sendiri. Sambil mikirin gimana caranya dapet modal (modal HALAL loh ya, kalo HARAM liat aja banyak yg ngutuk :D) kamu mulai merencanakan membangun bisnismu sendiri. Jadi, pas jadi pegawai itu ya sambil belajar. Kalo cuma jadi pesuruh bukan mahasiswa namanya. Mahasiswa bukan babu bung! Mahasiswa itu agent of change! Mana ada agent of change yg girang kalo disuruh belanja detergen atau nganter cucian delivery order?

5. Dari semua pendapatan yg kamu dapet, baik dari lomba-lomba atau jadi karyawan (dan mungkin saat kamu berhasil jadi bos), jangan lupa untuk menyisihkan 2,5% dari gaji kamu. Hei, itu bukan hak kita, itu hak saudara kita yg membutuhkan. Salurkan ke tempat yg baik dan benar. Mungkin masjid atau yayasan yg kinerjanya bagus dan ngga fiktif, agar bener2 diberikan kepada yg membutuhkan, ngga salah sasaran. Dengan begitu "harta" kita ngga akan "memberatkan". Paham kan maksudnya? :)

6. Jangan lupakan orang tua! Siapa yg bekerja keras membiayai kamu sampai jadi seperti sekarang? Siapa yg bingung mencari pinjaman untuk membayar uang gedung kuliahmu? Siapa yg rela menggadaikan perhiasan untuk mencicil motor karena tidak ingin kamu jalan kaki ke kampus? Siapa yg paling sedih ketika IPk kamu turun? Siapa yg mengkhawatirkan kamu ketika kamu izin untuk study ekskursi ke luar kota? Ngga harus kita memberi semua uang yg kita punya kepada ortu. Aku yakin ortu malah akan menolak mentah2. Karna apa yg ortu kasih ke kita semua atas dasar ikhlas, TANPA PAMRIH, dan penuh kasih sayang. Coba berikan sesuatu yg sederhana tapi manis. Sebuah gamis dan jilbab untuk Ibu, atau sebuah jam tangan untuk mengganti jam tangan Ayah yg sudah usang. Dan aku takut Ibu dan Ayahmu menangis saat itu juga karena putra/putrinya ternyata menyayangi mereka :)

7. Menabung. Pakai 2 tabungan : celengan dan bank. Celengan untuk uang-uang kecil, dan bank untuk uang-uang besar. Sekedar tips, kalo kamu pengen tabungan di bank yg memang khusus untuk ditabung, bisa coba bank syari'ah. Pakai layanan yg tanpa fasilitas kartu ATM, internet banking, dan SMS banking. Itu tanpa potongan sama sekali, dan kamu tetap bisa menarik uang lewat tarikan tunai di bank. Kamu akan lebih hemat karena ngga tergoda untuk menggesek kartu ATM dgn mudah (mau nggesek gimana, orang ATM ngga ada :D).

8. Selalu mengucap syukur atas semua rezeki yg kamu dapat. Misal yg kamu dapatkan kamu rasa ngga sesuai dgn kerja keras kamu, mengeluh memang manusiawi, tapi tetap harus bersyukur. Daripada ngga dapat apa2? Dan juga introspeksi lah, sebelum nyalahin bos karena uang lembur yg ternayat cuma seupil. Siapa tau kerjamu yg kurang oke :)


Oiya, pas aku googling buat nambahin gambar buat artikel ini, aku nemu gambar ini nih. Judulnya mirip sama judul postinganku, padahal sebelumnya ngga tau, sumpah! :D


cover buku


Nah, ternayat ini sebuah judul buku. Kalo dari resensinya sih cukup bagus. Juga ttg kerja2 buat mahasiswa gitu. Coba klik link ini untuk penjelasannya :)

Begitulah kira2 ya. Beberapa hal bisa kamu improve sendiri. Tapi yg jelas mahasiswa uda bukan jamannya lagi selalu nunggu kiriman atau uang saku dari ortu. Kayak sepupuku yg masih SD aja, tiap hari ditentukan sangunya 7rb, pas buat jajan mie ayam + es teh. Kalo hari minggu ngga dapet sangu. Kasian amat. Gitu kah yg namanya mahasiswa? Kalo bisa malah kita yg memberi ortu bung. Bener ngga? :)

Semangat!

1 komentar:

  1. Oh ya, buat yg mau coba jualan, bisa pilih jualan online loh...kalo belum ada supplier, boleh kontak aku di 085646457717 atau 2190D149
    FB : Molila Shop
    Web : http://molila.tokopedia.com/
    Bisa TANPA MODAL juga buat yg blm ada modal..
    Hasilnya lumayan buat nambah tabungan :)

    BalasHapus