Sabtu, 14 Januari 2012

Bisnis Online, Bisnis yang Semakin Menjanjikan

Kira-kira 1,5 tahun yang lalu waktu saya memulai usaha online kecil-kecilan yang saya beri nama Molila Shop, pegangan saya hanya laptop dan HP. Kedua benda tersebut pun tidak saya beli secara khusus untuk bisnis ini, karena laptop memang kebutuhan untuk kuliah dan HP ya memang sudah jadi kebutuhan pokok saat ini. Untuk jaringan internet saya mengandalkan WiFi kampus. Ya, hotspot gratis dengan akses yang sangat cepat. Kampus saya dekat dari rumah, 5 menit dengan motor atau 15 menit dengan berjalan kaki.

Saya ingat pertama kali memutuskan berjualan ini saya menjual Bugslock, sebuah produk gelang pengusir nyamuk yang sedang booming saat itu. Saya menyediakan modal sebesar 210.000 untuk 1 lusin Bugslock (@17.500). Kemudian saya mulai memasarkannya dengan membuat akun khusus Molila Shop di situs jejaring sosial. Harga yang saya cantumkan adalah 25.000, itu berarti saya mendapat untung 7.500 untuk setiap bijinya. Promosi saya masih sebatas kepada keluarga dan teman-teman, tentu saja lewat jejaring sosial tersebut. Dan hanya dalam waktu 2 minggu dagangan saya ludes. Bisa ditebak saya semakin bersemangat untuk jualan :D

Berjualan itu kadang tidak menghasilkan untung yang sangat besar. Pendapatan pun tidak pasti, karena lakunya barang seperti untung-untungan. Kalau laku alhamdulillah banget, kalau belum laku ya kasih semangat untuk diri sendiri : "masih ada hari esok" :D Tapi terlepas dari itu semua, berjualan itu seru. Kita bisa banyak belajar mengatur keuangan, belajar marketing yang baik, tahu berbagai karakter orang dan bagaimana menghadapinya. Lebih-lebih berjualan online. Harus siap dimaki orang yang bahkan ketemu pun belum pernah. Dan juga Anda harus memutar otak bagaimana berpromosi sehingga banyak orang tertarik mencoba produk Anda. Bayangkan kalau Anda tidak siap atau tidak kuat, Anda tidak akan bisa bertahan lama di bisnis ini. 

Kelebihan dari berjualan online yang paling penting adalah produk-produk kita dapat diakses dari segala penjuru negeri, dan malah sampai ke luar negeri, sehingga kita dapat memperluas pasar. Ini bukan muluk-muluk karena saya sendiri membuktikannya. Pembeli pertama saya dari Aceh dan saya memiliki reseller tetap yang berdomisili di Jayapura. Bayangkan berapa ongkos kirim dari Malang ke Aceh dan Jayapura. Ongkos kirimnya bahkan lebih besar dari nilai barang, tapi pembeli saya tidak keberatan karena di tempat tinggal mereka tidak ada produk tersebut. Mereka juga tidak tanggung-tanggung sekali order bisa mencapai nilai 1 juta rupiah. Sangat lumayan untuk mahasiswa seperti saya :D

Oleh karena itu saya sampai sekarang pun selalu belajar dan berusaha untuk mengimprove cara-cara promosi saya. Saat ini saya masih memakai akun jejaring sosial dan mall online untuk berjualan. Saya berencana mencoba berpromosi dengan menggunakan Blog, karena ternayata banyak search engine yang menempatkan Blog di halaman pertama (kadang-kadang urutan pertama) saat menampilkan search result. Bayangkan misalnya Anda memiliki sebuah Blog Shop, kemudian banyak orang mengetikkan keyword produk Anda dan link produk Anda tampil di halaman pertama. Ya, saya sanksi orang akan bersusah-susah membuka halaman ke-2 dan seterusnya. Mereka akan cenderung memperhatikan apa yang ada di halaman pertama kan? Begitulah, kenapa saya berencana membuat Blog Shop untuk toko online saya. Coba bayangkan ada 500 orang membuka Blog Anda dalam sehari, asumsikan 10% akan menghubungi Anda dan menanyakan tentang produk tersebut. Dan asumsikan lagi 75% dari mereka yang menghubungi Anda membeli produk Anda. 35 buah produk Anda LAKU DALAM SATU HARI! Berapa dalam 1 minggu? Dalam 1 bulan? Saya kira Anda akan malah kebingungan untuk menghabiskan keuntungan yang diperoleh..hehe :D

Membuat Blog terlihat simpel, karena berbagai template sudah disediakan dan kita hanya perlu mengedit sesuai selera. Umumnya Blog yang kita buat hanya berisi fitur standar, yang hanya bisa menampilkan performa yang terbatas. Kalau Anda ingin menghasilkan sebuah Blog yang advance dan istilahnya lebih keren, diperlukan pengetahuan yang lebih mendalam dalam mengelola Blog tersebut. Untuk Anda yang tidak memiliki seseorang untuk mengajari, Anda bisa coba mendaftar dan berkonsultasi ke Sekolah Blog. Saya melihat cukup banyak service dan produk yang disediakan, dan juga biayanya cukup terjangkau. Oke, kita sebut saja itu investasi, karena uang tersebut akan kembali saat Anda benar-benar mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan baik :)

Dan sekarang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sampingan yang tidak memerlukan banyak waktu serta modal, cobalah berbisnis online. Yang penting adalah telaten, ulet, teliti, dan dapat menjaga kepercayaan (dari pembeli maupun supplier). Dan juga bisa dipertimbangkan untuk mencoba Sekolah Blog agar Anda semakin menguasai tentang internet marketing. Ya, siapa tau kita nanti bertemu di salah satu kelasnya..hehe :D

Salam sukses!

Best rgds,

6 komentar:

  1. Asik mbak tulisannya. Inspiratif sekali. Saya jadi kepengen buka jualan online juga nih.

    Boleh minta list produk yg dijual gak mbak? Mau jajaki peluang kerjasama. Mention saja via komen di blog sy. Nanti sy yg hubungi Mbak.

    BalasHapus
  2. Hihihi...makasii :)

    Iyah nanti sy komen di blognya ya..
    Semoga bisa bekerja sama :)

    BalasHapus
  3. Bener-bener menginspirasi :D

    BalasHapus
  4. top deh buat mbakk yg satu ini.. semangat terus ya... salam kenal aja.. jgan lupa berkunjung ke blog aku juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih..salam kenal jugaa :)

      *menuju blog mbak Chandra ^^*

      Hapus